content='7496bf2686970bfa' name='yandex-verification'/>

Thursday, April 11, 2019

Hallo Blogger, beginilah kalau ibu rumah tanga itu, selain disibukkan dengan urusan mengurus rumah tangga, sebagai istri dan ibu, kita pasti ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga tercinta kita.

Akhir-akhir ini aku memang sering sekali menshare beberapa resep masakan, baik masakan dan kue Jerman, ataupun masakan dan kue Indonesia. Selain memang hobby masak dan berkebun serta membuat pernak pernik mempercantik tempat tinggal kami (wohnung).

Resep yang aku share memang menjadi resep favorit dikeluarga kami, selain ingin berbagi resep, tentunya supaya aku tidak lupa juga dengan beberapa bahan yang dibutuhkan dan cara pembuatannya.

Untuk yang satu ini aku mau masak Ayam Goreng Mentega. Resep menu satu ini banyak berseliweran di internet, selain karena enak tentunya cara pembuatannya pun mudah. Dari beberapa resep yang aku cari, dan aku modifikasi dengan seleraku.

Pada resep kali ini aku menggunakan cuka apel di masakan ayam goreng mentega ini, rasanya jadi unik lho, ada rasa manis dari kecap manis, rasa asin dari kecap asin dan saus tiram, dan rasa sour dari cuka apel. 

Berikut aku share bahan dan cara pembuatannya

Bahan  bumbu ayam:


  • Daging ayam (potong menjadi 6 atau 8 bagian)
  • 2 siung bawang putih, haluskan  
  • 1 sendok makan kecap asin (soy sauce)
  • ½ sendok teh merica putih bubuk 
  • ½ sendok makan minyak wijen 
  • ½ sendok teh garam 
Bahan dan bumbu saus: 
  • 3 sendok makan mentega atau margarine 
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, iris tipis 
  • 2 siung bawang putih, geprek 
  • Jahe, kupas dan cincang halus 
  • 1 sendok makan  kecap Inggris (Worcester sauce)  
  • 2 sendok makan saus tiram (Austernsauce
  • 2 sendok makan kecap manis 
  • 1 sendok makan kecap asin (soy sauce) 
  • ½ sendok teh merica putih bubuk
  • 1 sendok teh cuka apel 
  • 30 ml air
  • garam jika kurang asin (aku ga pake garam lagi karena sudah asin dengan varian saus)
Cara membuat:   
  • Campur semua bahan bumbu ayam, aduk rata dan diamkan 30 menit.
  • Siapkan penggorengan, goreng ayam hingga permukaannya kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. 
  • Siapkan mangkuk, aduk jadi satu kecap Inggris, saus tiram, kecap manis, kecap asin, merica bubuk, dan cuka apel. Sisihkan. 
  • Siapkan wajan, masukkan mentega, panaskan hingga mencair dan panas. Tumis bawang bombay hingga harum (jangan terlalu lama dan menjadi sangat layu dan hancur, setengah matang saja)
  • Masukkan bawang putih dan jahe, tumis hingga harum. 
  • Masukkan bahan saus yang diaduk menjadi satu, aduk dan masak hingga kuah mendidih.
  • Tuangkan sedikit air, aduk rata dan masak hingga kuah sedikit kental. 
  • Masukkan ayam goreng, aduk hingga saus merata, tambahkan garam jika kurang asin. 
  • Angkat dan sajikan dengan nasi panas
Guten Appetit
Dijamin dech rasanya uenakkkk dan recommended banget buat kalian yang suka dengan hidangan ayam. 

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.

Grüße

Sunday, February 10, 2019

Siapa yang enggak kenal dengan masakan nusantara yang enak ini. Walaupun jauh dari tanah air, aku sering sekali membuat masakan yang selalu membuatku menambah nasi tidak cukup satu piring. Dan pastinya suamiku sangat menyukai hidangan masakan kuliner  ini. 

Resep masakan rendang ini, banyak sekali bermunculan diinternet. Kalau rendang di Indonesia, terbiasa menggunakan daging sapi, kali ini aku masak rendang tidak menggunakan daging sapi tetapi menggunakan daging babi. Kenapa aku sendiri juga menshare tulisan mengenai resep masakan padang, karena aku mau membagi kesuksesanku mengolah rendang untuk jamuan keluarga di Jerman.

Aku sudah sering membuat hidangan ini untuk suamiku, dan ternyata silvio sangat menyukai hidangan ini juga. Tadi nya aku hanya memasak menggunakan resep bumbu instant yang aku tambah dengan beberapa bumbu seadanya. Tetapi setelah hunting lebih teliti lagi di supermarket besar di Jerman, ternyata bumbu seperti jinten, kapulaga dan bunga lawang juga tersedia di supermarket besar di Jerman.

Cerita bermula saat papa mertuaku akan berkunjung kerumah kami. Sebenernya bukan kali pertama papa mertuaku berkunjung kekami, tetapi untuk kunjungan kali ini beliau pesen ke Silvio agar aku memasakkan masakan Indonesia untuk beliau dan teman wanitanya. Hemmm entah bercanda atau serius, aku nanggepinnya datar aja. Tapi ternyata suamiku menanggapinya secara serius, dan dia sedikit memaksa aku untuk memasak untuk papanya.

Aku sih oke-oke saja memasak, cuma kalau mereka ga suka piye?. Karena terus terang sudah capek-capek masak, ternyata mereka ga suka karena banyak menggunakan rempah-rempah. Apalagi masaknya cukup repot karena sambil momong kathleen yang tidak bisa duduk manis.  

Langsung aja aku share bahan dan cara pembuatannya


Rendang Nendang
  • 1 kg  daging babi
  • 2  can kokosmilch (kemasan 400 ml)
  • 500 ml air untuk memasak daging hingga empuk 
  • 4 sendok makan minyak untuk menumis bumbu
Bumbu yang dihaluskan
  • 200 gram cabai merah (aku skip)
  • 30 gram cabai rawit merah (aku  skip)
  • 13 butir bawang merah (schalotten), aku pakai 4 biji, karena schalotten biasanya ukurannya besar
  • 7 butir bawang putih (knoblauch)
  • 3 cm kunyit (curcuma), aku pakai yang  bubuk sebanyak 1sdt
  • 3 cm jahe (ingwer)
  • 3 cm lengkuas, aku pakai yang  bubuk sebanyak 1sdt
  • 2 batang serai, aku pakai yang  bubuk sebanyak 1sdt
  • 2 butir kemiri disangrai  
  • 2 sendok teh  pala (muskatnuss)
  • 3 buah kapulaga, (kardamom), aku pakai yang  bubuk sebanyak 1sdt 
  • 2 buah kembang lawang (star anise)
  • 1 1/2 sendok makan ketumbar
  • 1 tsp merica butiran  (pfeffer)
  • 1 sendok teh jintan (kreuzkümmel) 
  •  4 butir cengkeh (nelken)
Bumbu tambahan lainnya 
  • 2 batang kayu manis, masing-masing panjang 4 cm, aku pakai yang  bubuk sebanyak 1sdt   
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam (lorbeerblatt),  aku pakai yang  bubuk sebanyak 1sdt   
  • 2 lembar daun kunyit, rajang halus (aku skip, ga nemu di Jerman)
  • 1 sendok makan air asam jawa yang kental (aku skip, ga nemu di Jerman)
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1 1/2 sendok makan gula jawa, sisir halus
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
Cara Membuat

  • Panaskan minyak di wajan, masukkan semua bumbu yang dihaluskan dan tumis hingga harum dan bumbu matang.
  • Cirinya bumbu berubah warna menjadi sedikit lebih gelap. Aduk-aduk selama bumbu ditumis agar tidak gosong.
  • Tambahkan minyak agar bumbu matang sempurna. jangan sampai gosong karena kalau gosong tidak akan  menghasilkan rendang dengan rasa yang mantap, harum dan tidak cemplang.
  • Masukkan bumbu tambahan lainnya, aduk dan tumis hingga daun rempah menjadi layu. 
  • Tambahkan potongan daging, aduk rata dan masak hingga daging berubah warna. Pada tahap ini daging akan mengeluarkan banyak air, masak hingga air daging menjadi habis. 
  • Masukkan santan kental ke tumisan daging, beri santan dalam 2 bagian tahapan. Masak rendang hingga santan menyusut. Jika santan mulai menyusut tambahkan kembali santan kental dan terus masak hingga kuah habis. 
  • Sekali-sekali aduk rendang agar tidak gosong. Masak hingga kuah rendang habis, rendang akan mengeluarkan banyak minyak dan bumbu mulai coklat kehitaman. 
  • Semakin banyak santan dan semakin lama dimasak akan membuat rendang semakin hitam warnanya. 
  • Rendang siap disajikan dengan nasi hangat

Rendang Babi

Wuah ternyata mereka suka sekali dengan rendang buatanku, dan pastinya ga sia-sialah aku memasak seharian sibuk didapur sambil digangguin anak tercinta. Rasa rendang menggunakan daging babi ini ga kalah nikmatnya dengan menggunakan daging sapi. Hahaha puas deh biarpun capek kalau jamuannya sukses.
 
Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.




Grüße

Friday, February 1, 2019

Halo apa kabar bloggers?, ga  terasa udah tahun baru 2019, dan lama banget ga nulis blog. Karena terus terang kesibukanku ngurus Kathleen yang lagi aktif-aktifnya, membuat siemak udah lunglai ga punya tenaga untuk ngetik dimalam hari.

Selain karena alasan perpindahan blogku, yang kembali menggunakan blogspot, dan memakan waktu peralihan yang lama banget hingga 1 bulan lebih, membuat aku jadi menunggu dulu sampai proses peralihannya selesai. 

So ngomong-ngomong mengenai perpindahan website, kalian tidak bisa lagi mengakses  menggunakan webku yang lama https://bojonesilviostorylife.com, sekarang aku kembali ke rumah awal di https://bojonesilvio.blogspot.com.

Kali ini aku mau share ke kalian mengenai inspeksi atau pemeriksaan kendaraan di Jerman (TÜV). Kejadian ini bermula saat Silvio mau melakukan TÜV, dan kami terkejut sekali dari hasil inspeksi kendaraan harus melakukan banyak perbaikan yang totalnya sebesar 700 Euro atau sekitar Rp. 10,500,000. 

Kok mahal banget ya, pokoknya bikin mumet banget dah, sebenernya biaya perbaikan 2 tahunan ini lumrah untuk orang Jerman, karena memang sifatnya yang rutin. 2 tahun lalu kami juga harus mengeluarkan biaya perbaikan, tetapi tidak terlalu mahal hanya sebesar 200 Euro. Nah mulai dari sini aku mau share kekalian apa sih TÜV itu dan kenapa penting banget, sharenya disimak ya...

Pengertian TÜV,

Di Jerman sangat jarang melihat mobil yang penyok, dan banyak mengeluarkan asap  berwarna hitam karena rusaknya knalpot, karena memang peraturannya sangat keras untuk semua kendaraan. Gesellschaft für Technische Überwachungsverein atau TÜV adalah, suatu perusahaan yang bertugas mengecek kondisi teknis kendaraan. 


TÜV Experts

Di Jerman hanya GTÜ ini yang boleh melakukan apa yang disebut inspeksi kendaraan menyeluruh, menyetujui kelaikan jalan mobil dan truk Jerman. Setiap kota memiliki minimal satu hingga dua tempat di mana bisa melakukan TüV. Biaya Hauptuntersuchung (inspeksi teknis) akan dikenakan biaya sekitar 55 Euro. Abgassuntersuchung (inspeksi emisi) juga dilakukan bersama dengan yang teknis dan biayanya sekitar 30-40 Euro.

Undang-undang Jerman mengatur bahwa mobil harus diperiksa pertama kali setelah 3 tahun pertama, setelah itu mobil harus diperiksa setiap 2 tahun sekali. Setiap 2 tahun mobil-mobil di jerman harus menjalani inspeksi kendaraan, untuk memastikan apakah mobil itu memenuhi standar keamanan dan keselamatan yang berlaku di Jerman. Hal ini bukan hanya karena kerapian khas Jerman,  atau kebanggaan pemiliknya, tetapi karena mereka harus rutin melakukan pengecekan dan diberi persetujuan TÜV menurut hukum.

Bagian apa saja yang dilakukan pengecekan,

TÜV sendiri  menguji keamanan instalasi teknis, mesin, dan kendaraan bermotor.  Bagian yang diperiksa mulai dari:

  • Peralatan: Plat nomor, cermin, klakson, takometer, interferensi radio. 
  • Lampu: Lampu depan, lampu rem, lampu belakang, lampu parkir.
  • Tempat duduk dan kelengkapan sabuk pengaman.
  • Sistem pengereman: Fungsi rem, perjalanan pedal, tabung dan pipa rem, drum dan disk rem, bantalan rem. 
  • Ban / roda: Kerusakan ban atau roda, pelindung underride, peredam kejut, bantalan roda, balok gandar.
  • Keselamatan kebakaran untuk komponen bahan bakar / gas dan kabel listrik Emisi gas buang.
  • Body mobil.
  • Steering (pengemudian).
  • Sistem keamanan elektronik.
  • Sistem pembuangan harus berfungsi baik.

Stiker TÜV

warna-warna stiker juga menunjukkan kapan inspeksi TÜV berikutnya harus dilakukan. Warna biru, kuning, coklat, merah muda, hijau, oranye diulang setiap enam tahun. Pada 2018, misalnya, kendaraan akan diuji dengan stiker berwarna hijau. Pada 2019 mobil akan diuji dengan stiker berwarna oranye. Begitu tahun berikutnya dimulai, warna sebelumnya akan kehilangan validitasnya. Stiker warna merah muda dari 2017 tidak lagi digunakan, dan telah digantikan oleh stiker berwarna hijau. 


Expired Feb 2019


Cara membaca stiker TÜV, 

contoh Angka "10", akan habis masa berlakunya di bulan Oktober. Untuk mengetahui bulan untuk pengecekan berikutnya kalian bisa lihat tepat pada angka lurus (seperti angka pada jarum jam 12).  Lingkaran dalam menunjukkan angka "18" untuk tahun  2018. 

Jadi dari stiker berwarna hijau ini, inspeksi utama akan jatuh tempo pada Oktober 2018. Sangat mudah dilihat, bahkan saat melaju kencang di jalan raya. Dan bahkan pengemudi dapat dengan mudah membaca di stiker, ketika tanggal tes tertunda. Stiker ini juga mempermudah bagi  polisi atau pejabat dari ketertiban umum, untuk melakukan pengecekan apakah stiker sudah kedaluwarsa. 


Stiker TÜV yang kedaluwarsa

peringatan dan denda terancam selama lebih dari dua bulan, pengemudi tidak boleh mengemudi dengan stiker yang kadaluwarsa. Denda bila jatuh tempo terlambat hingga 2 bulan ancaman dendanya sebesar 15 euro, terlambat 2 hingga 4 bulan, dendanya sebesar 25 Euro. Terlambat 4 hingga 8 bulan, dendanya sebesar 60 Euro dan ada satu poin di FlensburgJika kerusakan mobil membahayakan bagi keselamatan di jalan, polisi dapat segera menariknya dari peredaran.

Tanpa stiker TÜV, kendaraan tidak dapat dilisensikan atau dikendarai. Jika kendaraan gagal uji inspeksi TÜV, karena ada satu titik karat atau penyok di lokasi yang kritis, lampu yang rusak atau sistem pembuangan yang tidak berfungsi kendaraan itu harus dideregistrasi dan dikeluarkan dari jalan. 

Ketika ditemukan cacat atau kerusakan pada mobil, pemilik mobil diharuskan untuk memperbaiki kekurangan yang telah dicek, atau berisiko kehilangan kendaraan sekaligus membayar denda yang besar. Sebagai aturan kerusakan harus diperbaiki dalam waktu 1 bulan, selain membawa laporan pemeriksaan, mereka juga harus membawa sertifikat pendaftaran kendaraan dan laporan untuk semua modifikasi yang disebut presentasi ulang. 

Dilema beli mobil baru atau perbaikan mobil yang mahal,

Kembali ke cerita kami, mobil kami memang mobil lama yang umurnya sudah 18 tahun. kami memang sudah ada dana untuk membeli mobil baru, tetapi Silvio maunya lebih baik membeli rumah dulu daripada beli mobil. Yo wes aku juga manut aja, tapi kalau sudah rusak sampai harus perbaikan sampai 700 Euro sayang juga lebih baik beli mobil baru.

Karena mobilnya lama, rencananya pertengahan tahun 2020 kami mau membeli mobil baru. Terus kalau mau beli mobil baru kenapa harus perbaiki mobil, kan sayang tuh 700 euro terbuang?. Masalahnya untuk membeli mobil baru kami hanya punya waktu 3 mingguan, mana cukup waktu untuk search ke dealer. 

Sedangkan kalau tetap mengemudi dengan stiker yang kadaluwarsa, peraturan disini sangat ketat. Kalau di Indonesia kita bisa nekat tetap mengemudi, bahkan dengan kendaraan tanpa surat lengkap atau tanpa SIM. Di Jerman mana bisa seperti itu, selain karena memang ketat, mental mereka sendiri sudah terdidik untuk tertib dan taat pada hukum sejak kecil. 

So kalau aku membisikkan kata-kata *setan* daripada bayar perbaikan lebih baik didenda toh dendanya enggak begitu mahal, sudah pasti suamiku menolak. Buat mereka melakukan pelanggaran hukum itu sangat memalukan, karena ini merupakan kewajiban yang harus ditaati. 

Jadi yahhhh, akhirnya kami tetap melakukan perbaikan dengan biaya yang super mahal. Rencananya mobil lama akan dipakai aku dulu setelah belajar mengemudi mobil, kalau tahun-tahun berikutnya ternyata harus membayar perbaikan yang mahal yah akan dijual. 

Bagaimanapun buat kami yang tinggal di kota kecil, transportasi mobil sangat dibutuhkan untuk menghemat waktu, dan biaya dari pada harus menggunakan taxi. 

Pentingnya melakukan inspeksi kendaraan secara rutin,

Pentingnya inspeksi kendaraan secara rutin, tidak hanya untuk keselamatan pengemudi, tetapi juga untuk keselamatan orang lain sesama pengguna jalan. Dan meskipun inspeksi semacam itu mahal, tetapi tetap memberikan keuntungan bagi pengemudi dan kendaraan itu sendiri. Keberhasilan program inspeksi atau pengecekkan kendaraan secara rutin terbukti  dapat mengurangi jumlah kecelakaan di jalan raya.

Demikian shareku kali ini, bagaimana dengan kalian?, punya pengalaman juga melakukan perbaikan kendaraan yang biayanya super mahal?.


Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.




Grüße



Saturday, December 15, 2018



Malbork Castle  juga disebut Castle of the Teutonic, adalah salah satu istana terbesar di dunia. Hanya memerlukan perjalanan singkat dengan kereta api dari Gdansk menuju ke Castle cantik ini.

Sejarah Malbork Castle

Awalnya disebut Marienburg, Kastil Malbork dibangun oleh Ksatria Teutonik (tentara salib Roma-Katolik Jermana) pada abad ke-13 dan selesai pada 1406 setelah penaklukan Old Prussia. 

Terjadi Pertempuran Grunwald di mana ksatria Teutonik bertempur dengan Polandia dan Lithuania. Ksatria Teutonik mendominasi area di sekitar Malbork dan Gdansk (disebut Danzig saat itu) hingga tahun 1457, ketika Raja Jagiellon dan pasukan Polandia merebut kastil. 

Malbork Castle
Selama 500 tahun berikutnya, kastil berpindah tangan beberapa kali, bolak-balik antara kepemilikan Jerman dan Polandia. Sepanjang sejarah kastil telah menjadi tempat tinggal para raja Polandia, digunakan untuk barak-barak untuk tentara Prusia, dan sebagai tujuan untuk ziarah saat Hitler muda.

Yard Malbork Castle

Selama Perang Dunia II, lebih dari separuh benteng dihancurkan,  dan setelah Perang Dunia II kastil kembali menjadi bagian dari Polandia dan mengalami restorasi besar dari kerusakan Perang Dunia II, dan kebakaran pada tahun 1959. 

Rekonstruksi dan pemulihan selesai pada akhir 2016. Yang terakhir untuk dipulihkan adalah Gereja St. Mary yang membentang dari Istana Atas yang juga merupakan bagian tertua kompleks. 

Yard Malbork Castle
Kastil Malbork sekarang berdiri sebagai bangunan batu bata terbesar di Eropa. Sekarang Castle ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO dan objek wisata populer di Polandia.


Transportasi Menuju Malbork Castle

Untuk bepergian ke Malbork Castle dari Gdansk adalah dengan menggunakan kereta api. Dari Gdansk Glowny, stasiun kereta api utama di Gdansk, dibutuhkan antara 28 hingga 55 menit untuk sampai ke Malbork Castle, tergantung pada jenis kereta yang kalian pilih. 

  • Kereta Regio (R), pilihan paling lambat dan termurah. Kereta ini berhenti disetiap pemberhentian, dan perjalananannya memakan waktu 43 hingga 55 menit. tapi tiketnya murah, 13.50 PLN sekali jalan (sekitar 3 euro). Kereta ini adalah jenis kereta kelas komuter tanpa nomer tempat duduk. Walaupun harganya murah tetapi tetap tepat waktu.
  • Kereta TLK, sedikit lebih cepat daripada kereta api regio dan hanya berhenti disatu atau dua pemberhentian dalam perjalanan ke Malbork. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 37 menit dan harga tiket mulai dari 17 PLN sekali jalan (sekitar 4 euro) untuk kelas 2, dan  23 PLN (sekitar 6 euro) untuk kelas 1. 
  • Kereta EIC, kereta ini tercepat untuk mencapai Malbork Castle, langsung ke Malbork dan hanya butuh 28 menit. Namun kereta jenis ini paling mahal, mulai dari  29 PLN sekali jalan (sekitar 7 euro) untuk kelas 2, dan 89  PLN (sekitar 22 Euro) untuk kelas 1. 
Kalian dapat membeli tiket di konter utama di stasiun kereta Gdansk pada hari kunjungan ke Malbork Castle. Saat musim panas antriannya cukup panjang, 10 hingga 20 menit tergantung pada tingkat kerumunan. So kalau tidak mau mengantri lama kalian bisa memesan tiketnya melalui internet.

Tips perjalanan

Untuk mendapatkan View Castle yang menarik, lebih baik menggunakan kereta jenis regio atau kereta lokal. Aku sarankan kalian turun sebelum stasiun kereta utama Malbork yaitu turun di stasiun Malbork Kałdowo, karena kereta jenis ekspres (EIC) tidak akan berhenti di stasiun ini. Begitu turun dari stasiun Malbork kaldowo, kalian dapat menikmati pemandangan kastil yang sangat indah dari sisi lain Sungai Nogat. 

Malbork Kaldowo Train Station

Sekitar 15 menit berjalan kaki ke kastil dari Malbork Kałdowo dan sekitar jarak yang sama dari stasiun kereta api utama ke kastil.
Kastil itu tampak begitu dekat, sehingga membuat kami semangat melangkah, menikmati suguhan pemandangan cantik dalam balutan udara yang dingin.   

View to Malbork Castle

Aktifitas di malbork Castle
Kalian bisa memulai tur Malbork Castle pada jam 10 pagi, kemungkinan besar kalian bisa kembali ke Gdansk pada sore hari. Tiket masuk ke Malbork Castle saat musim panas sebesar 39,50, PLN, dan tiket masuk saat musim dingin 29,50 PLN. Tiket termasuk biaya panduan audio untuk penjelasan tour keliling Castle. Pengunjung biasanya menghabiskan waktu sekitar tiga setengah jam untuk tour keliling Castle. 

Entrance Gate Malbork Castle
Pada hari Senin, tiket masuk ke Castle gratis, meskipun kalian tetap harus membayar 8 PLN untuk panduan audio. Namun, interior beberapa kamar kastil tidak terbuka sehingga kalian hanya akan diizinkan untuk berjalan di tanah kastil dan mengunjungi kamar-kamar tertentu. Ada juga tur kastil pada malam hari, tur akan dipandu oleh pemandu berpakaian sebagai Knight Teutonik. Tur ini ditawarkan pada malam tertentu.



Menyusuri Malbork Castle sangat besar, kastil ini adalah kastil terbesar di dunia sehingga kalian perlu menyiapkan tenaga yang kuat untuk berjalan-jalan. Untuk menuju ke beberapa kamar, kalian harus berjalan naik dan turun beberapa anak tangga dan beberapa di antaranya agak curam dan sempit. 

Panduan audio akan mengarahkan kalian tur keliling kastil. Audionya dilengkapi dengan GPS, sehingga mengetahui lokasi kita, sehingga tidak perlu menekan tombol atau mencari nomor berikutnya di dinding. Panduan audio akan mengarahkan bagaimana menuju ke tempat berikutnya, dan akan memberikan  informasi mengenai objek yang ada. 

Ada tiga bagian ke Malbork Castle: 

kastil bawah, kastil tengah, dan kastil tinggi. kalian akan menghabiskan sebagian besar waktu di kastil tengah dan tinggi. 

Kastil Bawah

Pintu Gerbang 

Kalian akan memasuki Malbork Castle melalui pintu gerbang di kastil bawah. Dinding dan jembatan gantung di sini adalah benteng penting dari kastil. 

Gate Entrance
Kastil Tengah 

Kalian akan melewati jembatan dan gerbang untuk memasuki benteng tengah. Melangkah keluar ke sebuah halaman besar yang dikelilingi oleh bangunan abad pertengahan, toko suvenir, dan restoran. 


Gate to the Middle Castle

Istana Grand Master 

Istana ini adalah salah satu bagian termegah dari kastil, kalian akan berjalan melewati beberapa kamar abad pertengahan yang digunakan sebagai tempat tinggal kerajaan, ruang makan, dan ruang pertemuan. 


Grand Master Palace

Grand Master Palace

Knights Teutonic Statues

Teras Barat

Sebuah halaman kecil yang  terletak di dekat kamar Istana Grand Master. Taman ini sangat tenang dan damai, ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang, cocok sebagai tempat untuk istirahat sejenak.


West Terrace


Kastil  Tinggi 

Untuk memasuki kastil tinggi, kalian akan berjalan melintasi jembatan gantung lain. Kastil tinggi adalah bagian tertua dari Malbork Castle.

Halaman

Halaman adalah pusat kastil tinggi, diarea ini terdapat sebuah sumur yang digunakan oleh Ksatria Teutonik untuk mengakses air jika terjadi pengepungan. 


Well in the middle of yard

Refectory

Refektur formal di mana sang Grand Master makan bersama dengan para tamunya, yang menarik bahwa ada refectory musim panas dan refektory musim dingin. Apa bedanya? yang musim panas memiliki langit-langit yang lebih tinggi dan sejumlah besar jendela besar.


Summer Refectory

Sedangkan refectory musim dingin,  langit- 
langitnya lebih rendah dan lebih sedikit jendela, juga memiliki bukaan untuk pemanasan lantai. Api berasal dari dapur dilantai bawah, udara panas dibawa melalui sistem pipa ke lantai dari ruang yang dipanaskan menuju ke ruang lain melalui beberapa celah di lantai. 


Convent Kitchen (Dapur Biara) 

Di ruang bawah tanah, di bagian  barat terdapat sebuah pintu lebar yang mengarah ke dapur biara Malbork. Di bagian dalam pertama terdapat tungku besar, perapian, sajian makanan, yang kemudian diangkut dengan lift ke ruang makan di lantai dua. 

Piring disajikan di atas meja Malbork abad pertengahan, mencerminkan kekuatan dan kemakmuran negara Ksatria Teutonik. Para koki berusaha menciptakan komposisi kuliner asli dan unik, dengan mengimpor bahan yang berkualitas, baik bumbu-bumbu, buah eksotis, kacang, kismis, buah ara dan almond. 

Makanan yang dihidangkan berupa daging babi, daging sapi, unggas, tetapi jarang memasak ikan karena harganya yang mahal. Makanan pokoknya  adalah roti, jelai, dan nasi, susu, terutama keju. 


Castle Kitchen for drain heat

The Blessed Virgin Mary Church (Gereja Bunda Maria yang Terberkati )  

Kapel ini semula hanya menempati setengah sayap, dibangun pada akhir abad ke-13, karena adanya perubahan fungsi dan perluasan benteng setelah memindahkan ibu kota negara Teutonik ke Malbork pada tahun 1309. Elemen terpenting dari dekorasi eksternal adalah sosok besar Maria dengan Anak (lebih dari 8 meter), figure ini dibuat sekitar  tahun1340. 


The Blessed Virgin Mary Church

Lorong Gothic di Malbork Castle


Demikian shareku kali ini mengenai perjalanan kami ke kastil cantik ini. kami betul-betul sangat menikmati berkunjung ke kastil ini, dan sangat merekomendasikannya untuk dikunjungi.

Kalian juga dapat mengikuti cerita kami lainnya di Polandia, berikut linknya:

http://www.bojonesilviostorylife.com/2018/11/gdansk-polandia-pesona-kota-cantik-di.html

http://www.bojonesilviostorylife.com/2018/12/sopot-dan-gdynia-perjalanan-musim.html

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.


Grüße














Tuesday, December 4, 2018

Setelah sebelumnya aku share mengenai lliburan kami di Kota Gdansk, saat ini aku mau cerita mengenai perjalanan kami dihari ke2 di Polandia.  Kota Gdansk, Gdynia, dan Sopot membentuk apa yang disebut Tri-City, ketiga kota ini duduk di sepanjang Laut Baltik. 

Sopot adalah kota pantai yang mewah, terkenal dengan pantai dan kehidupan malamnya. Gdynia adalah kota yang lebih kecil, lebih tenang dengan pantai, pelabuhan, dan beberapa museum unik. Dari stasiun Gdansk Glowny, kalian dapat melakukan perjalanan ke Gdynia dan Sopot dalam satu hari. Cara termudah untuk mengelilingi Tri City, adalah dengan kereta api. 

Kalian bisa naik kereta api SKM , tiketnya bisa dibeli dari mesin tiket atau di titik penjualan di lorong bawah tanah. Kereta berangkat setiap 15 menit, jika kalian membeli tiket dari mesin , maka harus divalidasi di mesin kuning yang terletak di platform. Platform SKM berada di sebelah kanan, saat kalian memasuki stasiun. 

Gdynia Marina

Aku menyarankan untuk memulai traveling dari lokasi yang paling jauh terlebih dahulu, yaitu menuju ke Gydania terlebih dahulu, selain alasannya karena kota Gydania lebih kecil dibandingkan Sopot. Perjalanan keret api dari Gdansk ke Gdynia memakan waktu 35 menit, dan tiketnya sebesar  6,50 PLN. 

Setelah kalian puas mengunjungi Gydania baru kalian bisa menghabiskan waktu di Sopot sambil bersantai di pantai, pergi makan malam atau kalian juga bisa menginap, menikmati kehidupan malam di Sopot. 

Langsung aja aku share ya cerita perjalanan kami di hari ke2.

2nd Day 

Gdynia

Gdynia terlihat lebih menarik selama liburan musim panas, tidak seperti saat ini, karena selama kunjungan kami di musim dingin, banyak kafe dan kios kayu yang menghadap ke pantai ditutup.


Gdynia adalah salah satu kota termuda dan modern di Polandia. Di masa lalu, Gdynia hanyalah sebuah desa pertanian kecil di utara negara itu, tetapi tepat setelah Perang Dunia I, pertumbuhan kota dimulai. Kota ini berpenduduk seperempat juta orang dan merupakan pelabuhan utama kedua di Polandia. 

Gydnia Marina

Kota ini menarik ribuan wisatawan setiap tahun, memiliki banyak hotel mewah, klub kapal pesiar dan pantai pasir yang sangat indah.  Dari stasiun kereta, kira-kira 30 menit berjalan santai untuk sampai ke pelabuhan Gdynia. 

Apa saja yang bisa kalian nikmati saat tiba di Gdynia


ORP Blyskawica 

Kapal perusak yang diawetkan yang bertugas di angkatan laut Polandia selama Perang Dunia II. 

ORP Blyskawica

ORP Blyskawica background

Dar Pomorza 

Kapal clipper yang diawetkan yang berada tepat di sebelah ORP Blyskawica. Dibangun pada tahun 1909, digunakan sebagai kapal pelatihan di Jerman, Polandia, dan Prancis. Pada tahun 1970-an, Dar Pomorza mengikuti beberapa balapan dan memenangkan Cutty Sark Trophy pada tahun 1980. 

Dar Pomorza




Sail Restaurant

Kapal lain yang menarik perhatian kami adalah kapal yang digunakan sebagai restaurant. Kapal ini menggunakan ornamen yang cukup unik, bentuknya seperti kapal bajak laut. 

Sayang kami datang saat musim dingin, tidak mungkin bagi kami untuk menikmati suasana diatas geladak kapal untuk santap siang ataupun menikmati secangkir kopi, karena memang brrrr suhunya sangat dingin minus 3. Kami hanya masuk sebentar untuk melihat-lihat interior disekitar kapal.

Pirate Restaurant


Museum Emigrasi 

Diperkirakan ada lebih dari 20 juta orang keturunan Polandia yang sekarang tinggal di negara lain. Museum ini mendokumentasikan sejarah emigrasi Polandia. kami sendiri tidak masuk ke Museum ini, jika kalian ingin mengetahui sejarah tentang Polandia lebih detail kalian dapat mempertimbangkannya untuk kunjungan kalian.

Musem Emigrasi : Sumber Google

Orlowo Pier

Beberapa blog yang aku baca mereferensikan Orlowo Pier, sebagai tempat yang sangat indah terletak di antara Gdynia dan Sopot. Tetapi untuk menuju kesana terlalu jauh bila harus berjalan dari pelabuhan Gdynia. 

Kami tidak sempat mengunjungi tempat ini karena waktu. Bagi kalian yang ingin mengunjungi tempat ini, kalian bisa naik kereta, 30 menit berjalan kaki kembali ke stasiun Gdynia. Kemudian perjalanan singkat dengan kereta ke Gdynia Orlowo dan 20 menit berjalan kaki ke dermaga. 

Setelah puas menikmati dermaga, berjalan keluar dari Orlowo Pier dan nikmati pemandangan di sepanjang pantai. Untuk pemandangan yang lebih baik, berjalanlah ke utara sepanjang pantai dan kalian akan melihat jalur hiking yang mengarah ke hutan. Sangat memungkinkan untuk berjalan kaki dari Dermaga Orlowo ke Sopot, tetapi memakan waktu sekitar satu setengah jam.

Orlowo Pier : Sumber foto Google

Sopot 

Setelah puas mengunjungi Gydnia dan bersantap siang disana, kami melanjutkan perjalan kami selanjutnya menuju ke Sopot. Kami kembali ke stasiun Gdynia Glowna dan membeli tiket menuju ke Sopot. Untuk tiket kereta menuju ke Sopot sebesar  4 PLN (1 Euro), dengan durasi perjalanan selama 15 menit.

Sopot adalah kota Pantai di Polandia, resor wisata yang terletak di jantung Eropa, dan juga tempat favorit bagi anak muda untuk pergi ke klub atau menikmati pemandangan di dermaga kayu terpanjang di Eropa. Kota ini terletak di tengah Gdańsk dan Gdynia, dan kota ini adalah kota yang terkecil di wilayah Trójmiasto, populasi penduduknya hanya 40.000 orang. 

Stasiun kereta api Sopot merupakan stasiun kereta api modern, yang menggabungkan restoran, kafe, toko, kantor dan perpustakaan kota modern.  Saat berjalan keluar dari Stasiun dikanan kirinya terdapat kafe dan restaurant yang  tertata rapi. Untuk menuju keturis area (Sopot Centrum) hanya dibutuhkan waktu 10 menit, setelah kita menyebrangi lampu merah. 

Setelah tiba di Sopot Centrum, kalian akan disambut 

Gereja neo-gothic St. George 

Gereja St. George (Kościół Garnizonowy pw. Św. Jerzego) langsung terlihat pertama kali saat memasuki area Sopot Centrum. Lokasinya berada di puncak Ulica Bohaterow Monte Cassino sebelum Anda berjalan ke arah Laut Baltik.


St George Church Sopot

Monte Cassino

Merupakan salah satu jalan paling terkenal di Polandia, Ulica Bohaterow Monte Cassino. Monte Cassino adalah alun-alun khusus pejalan kaki, yang mana disepanjang jalan ini terdapat banyak bar, kafe, dan restoran. 


Monte Casino Street

Saat liburan musim panas, disiang hari penuh dengan orang-orang yang menuju ke pantai. Pada malam hari ada pesta di mana-mana di sepanjang jalur ini, Sopot memompa irama yang meriah hingga fajar. 


Sopot Centrum


Silvio & fell asleep  Kathleen 

The Crooked House

Saat menyusuri jalan sepanjang Monte Casino treet,kami melihat sebuah bangunan yang sangat aneh tetapi unik, bangunan yang terpilih sebagai salah satu dari 50 bangunan teraneh di dunia. 

Bangunan ini dalam bahasa setempat disebut Krzwy Domek (rumah bengkok), Bangunan yang terinspirasi dari dongeng ini, sekarang menjadi kafe dan restauran, toko, dan stasiun radio lokal.  

Crooked House

Monte Cassino berakhir disopot centrum, dan kami mulai menikmati berjalan-jalan di sepanjang dermaga kayu.

Dermaga 

Dermaga Sopot Ini adalah dermaga kayu terpanjang di Eropa. Awalnya dibangun pada tahun 1829, dan diperpanjang selama bertahun-tahun dan sekarang membentang 515 m (1690 kaki) keluar ke Laut Baltik. 


Fungsi aslinya adalah untuk melayani sebagai pelabuhan, tetapi belakangan ini telah berubah menjadi tempat rekreasi. Tempat yacht berlabuh di samping dermaga.  Selama musim panas, kalian harus membeli tiket untuk berjalan ke dermaga tiketnya sebesar 8 PLN (2 Euro).

Pier background

Pier background

Cukup jauh berjalan menyusuri dermaga untuk sampai diujung dermaga, kami harus naik turun tangga, dan jujur cukup merepotkan untuk kami yang membawa stroler. Diujung dermaga terdapat perahu besar yang digunakan sebagai restaurant. Pemandangannya sangat indah berjalan di sepanjang dermaga Sopot, menghirup udara yang sejuk dan segar. 


beach background

Disepanjang dermaga banyak terdapat bangku berwarna putih, biasanya pada musim panas dipai untuk bersantai sambil menikmati hembusan angin disertai suara ombak. lampu gantung berwarna putihpun dipakai untuk mempercantik dermaga pada malam hari.


beach background

kami sempat bertemu dengan sepasang pasangan muda yang membawa gembok, wuahhh ternyata mereka ceritanya mengukuhkan cinta mereka agar selalu tetap bersama melalui simbol gembok yang dipasang di sekitar dermaga. 

Karena belum punya foto keluarga lengkap, selama liburan di Polandia, langsung deh aku minta tolong mereka untuk mengambil foto kami. Dan sebagai ucapan terima kasih, akupun mengabadikan moment mereka melalui bidikan kamera ponsel. 


We are Family

Referensi dari beberapa blog, ntuk mendapatkan pemandangan Sopot yang terbaik, kalian juga bisa naik ke puncak mercusuar. Dari Mercusuar kalian dapat melihat pemandangan indah ke arah kota dan teluk yang terlindung dan pantai berpasir yang luas yang membentang di sepanjang pantai. Dermaga ini merupakan tempat yang sempurna untuk mendapatkan best moment fotografy. 

Sail Restautant

Sopot juga terkenal dengan kehidupan malamnya, jadi kalian bisa menginap semalaman jika suka. Meskipun kami mengunjungi di musim dingin, Sopot masih layak dikunjungi untuk menyaksikan garis pantai yang indah. 


Setelah puas menikmati kota Sopot dalam udara yang sangat dingin, akhirnya kami kembali ke Gdansk. Untuk kembali ke Gdansk, Anda dapat naik kereta dari stasiun Sopot ke Gdansk Glowny durasi perjalanannya selama 20 menit, dan harga tiketnya sebesar 4 PLN (1 Euro).


Bench sepanjang Dermaga

Dalam hatiku, aku berjanji untuk kembali lagi liburan ke tempat ini, tentunya saat liburan musim panas. Kami memang tidak bisa menikmati pantai Sopot karena suhu yang dingin, tetapi aku bisa membayangkan nikmatnya berbaring diatas pasir dan berenang di pantai laut Baltik.



luxury Hotel at Sopot

Demikian shareku kali ini mengenai perjalanan kami ke kota tricity. kalian juga dapat mengikuti cerita kami dihari pertama di kota Gdansk, yang ga kalah serunya. Linknya dibawah ini

http://www.bojonesilviostorylife.com/2018/11/gdansk-polandia-pesona-kota-cantik-di.html

Jika ingin mengikuti update tulisanku kalian bisa klik dikolom Ikuti atau mensubcribe email kalian pada tampilan HOME diblogku.


Grüße